LAYANAN UNGGULAN KEMENTERIAN KEUANGAN

Standar Prosedur Operasi (Standard Operating Procedure) Layanan Unggulan Kementerian Keuangan yang selanjutnya disebut SOP Layanan Unggulan, adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan yang dibakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan eksternal dan/atau internal sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk kepentingan masyarakat atau para pemangku kepentingan lainnya atas jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh Kementerian Keuangan.

Jenis SOP Layanan Unggulan terdiri dari pelayanan di bidang : 

  1. anggaran;
  2. perpajakan;
  3. kepabeanan dan cukai;
  4. perbendaharaan;
  5. kekayaan negara dan lelang;
  6. perimbangan keuangan;
  7. pengelolaan utang;
  8. kesekretariatan;
  9. pengaduan masyarakat; dan
  10. pendidikan dan pelatihan keuangan.

SOP Layanan Unggulan disusun oleh masing-masing unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan guna memberikan kepastian pelayanan, antara lain terhadap proses, jangka waktu penyelesaian, biaya atas jasa pelayanan, dan persyaratan administrasi yang disediakan masing-masing unit Eselon I.

SOP Layanan Unggulan digunakan sebagai acuan bagi seluruh unit Eselon I, baik di kantor pusat maupun instansi vertikal dan unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Keuangan dalam rangka pelaksanaan pelayanan publik yang dikukuhkan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 187/KMK.01/2010 tentang SOP Layanan Unggulan Kementerian Keuangan dan telah disempurnakan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 35/KMK.01/2014 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 187/KMK.01/2010 tentang Standar Prosedur Operasi (Standard Operating Procedure) Layanan Unggulan Kementerian Keuangan

SisipanUkuran
KMK 187 ttg SOP LU+Lampiran.pdf9.98 MB
KMK 35 tahun 2014 tentang perubahan KMK 187 tahun 2010 ttg SOP LU.pdf3.63 MB