Change Management

 

Transformasi berskala besar adalah suatu kegiatan yang rumit; kebanyakan meliputi sejumlah inisiatif yang terdapat dalam institusi; bahkan sulit untuk melakukannya dengan tepat. Tantangan dalam mempertahankan transformasi biasanya timbul diantaranya karena perubahan belum disosialisasikan secara luas atau belum dipahami oleh pegawai.
Untuk berhasil, para pemimpin harus memiliki keyakinan bahwa inisiatif yang diusulkan akan berhasil, dan bahwa kesulitan-kesulitan yang dihadapi di jangka pendek akan membawa kesuksesan pada jangka panjang. Sangatlah penting bagi change management untuk memastikan bahwa semua stakeholder utama, baik internal maupun eksternal, terlibat dan mendukung perjalanan program Transformasi Kementerian.
Beberapa kegiatan manajemen perubahan yang telah dilakukan diantaranya:

Peluncuran quickwin program Transformasi Kelembagaan,  Selasa 6 Januari 2015
Wakil Menteri Keuangan Beserta para Pejabat Eselon I Mengunjungi Booth Program Transformasi Kelembagaan, dan mendengarkan secara seksama paparan mengenai Capaian Quickwins dari masing-masing tema Program Transformasi Kelembagaan

 

Roadshow program Transformasi Kelembagaan, Jumat 22 Mei 2015

Roadshow program Transformasi Kelembagaan di Makassar didahului dengan pemusnahan barang tegahan DJBC, lalu dilanjutkan dengan Talk show bersama dengan inspiring people, peluncuran Buku CITRA (Cerita Inspirasi Transformasi), arahan dan dialog Menkeu dan eselon I dengan pejabat/pegawai setempat, dan diakhiri dengan peninjauan KPPN Makassar II terkait penerapan sistem manajemen mutu  ISO 9001 : 2008.

Dalam foto, Menkeu dan Wamenkeu sedang melakukan talk show dengan inspiring people (Agusman dan Herman, AR KPP Pratama Makassar Barat; Nikodemus Sigit  R., Kepala KPKNL Sorong; Muhammad Fajri Natsir, Pelaksana pada KPPN Gorontalo; dan Aris Sudarminto Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Jayapura), sebagai moderator adalah Staf Ahli Menkeu Bidang OBTI.

 

Sosialisasi program Transformasi Kelembagaan

Sosialisasi/Sharing Session program Transformai Kelembagaan dilaksanakan dalam rangkan mensosialisasikan program Transformasi Kelembaagn kepada seluruh pegawai Kemenkeu.

Dalam foto, (atas) Chief Organizational Transformation Officer, CTO sedang menyampaikan paparannya dalam Acara Bincang Pagi yang diikuti para pejabat dan pegawai senior di lingkungan Kemenkeu di wilayah Makassar dan sekitarnya. (bawah) Chief Change Management II, CTO sedang menyampaikan paparannya dalam kegiatan Sosialisasi program Transformasi Kelembagaan di Lingkungan DJPPR.

 

Workshop Duta Transformasi Kelembagaan,  21 April 2015

Workshop Duta Transformasi Kelembagaan dilaksanakan Aula Mezzanine, Gedung Djuanda I menghadirkan tokoh inspiraitf Rene Suhardono dengan tema Passion and Performance

Duta Transformasi berperan untuk mengomunikasikan dan memperkuat kisah perubahan yang inspiratif. Kedepannya, Duta TK berperan sebagai katalis penting untuk perubahan transformasi dan change management.

 

Sosialisasi program Transformasi Kelembagaan(TK) di Pojok TK
Sosialisasi/Sharing Session program Transformai Kelembagaan tidak hanya dilaksanakan di dalam ruangan dalam bentuk kelas, untuk menjaring lebih banyak lagi target peserta, CTO melaksanakan sosialisasi program Transformasi Kelembagaan di Pojok Transformasi Kelembagaan, yang berlokasi di Lobby Gedung Juanda II.

 

Pengadaan Campaign Kits program Transformasi Kelembagaan
Agar pemahaman pegawai terkait program Transformasi Kelembagaan semakin baik, diperlukan media (sarana) untuk menarik perhatian pegawai, salah satu medianya adalah melaui Campaign Kits

 

Penyusunan Informasi Transformasi (INTRA) dan Berita Aktual Transformasi (BERAKSI)

INTRA merupakan flyer yang memuat kegiatan CTO yang telah dilakukan dalam jangka waktu dua minggu ke belakang dan akan dilaksanakan CTO dalam jangka waktu dua minggu ke depan, INTRA secara rutin disampaikan kepada Menkeu, Wamenkeu, dan Jajaran Pimpinan unit Eselon I.

BERAKSI merupakan flyer yang memuat pesan utama mengenai output/kegiatan apa yang telah dicapai/dihasilkan dan apa yang sedang dikerjakan pada program Transformasi Kelembagaan yang secara rutin disampaikan kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan.

 

Penyusunan Buku Catatan Inspirasi Transformasi (CITRA)
    

Buku Catatan Inspirasi Transformasi (CITRA) merupakan kumpulan kisah inovasi dan terobosan yang dicetuskan oleh pegawai Kemenkeu dalam rangka pelaksanaan tugas. Inovasi dan terobosan dimaksud telah menghasilkan output yang bermanfaat bagi lingkungan kerja pada lingkup yang lebih besar, termasuk pada lingkup Kemenkeu.

Kisah-kisah yang terangkum di dalam buku Catatan Inspirasi Transformasi ini diharapkan mampu memicu dan memacu semangat segenap pegawai Kemenkeu untuk senantiasa melakukan transformasi yang berorientasi pada outcome di dalam pelaksanaan tugasnya. Berbagai keberhasilan inovasi dan terobosan yang dikisahkan di dalam buku ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi unit lain untuk melakukan inovasi dan terobosan serupa.