Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


 

#UangKita Talk: Digital Transformation to Accelerate Indonesia's Economic Growth
LIVE STREAMING

Senin, 23 November 2020 Pukul 15.30 WIB - Selesai

 

Narasi 

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar kepada masyarakat, terutama dalam hal akses telekomunikasi. Di era adaptasi kebiasaan baru saat ini, pembatasan interaksi masih menjadi upaya pencegahan terbaik dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Namun aktivitas ekonomi diharapkan masih tetap bisa berjalan sehingga transformasi ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital menjadi suatu keharusan sekaligus peluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Transformasi ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital akan tumbuh berkembang seiring dengan adanya pembangunan infrastruktur di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi. Disini, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau #UangKita memegang peranan utama dalam mewujudkan pembangunan teknologi informasi dan telekomunikasi tersebut.

#UangKita sebesar Rp26 T dianggarkan untuk infrastruktur digital di tahun 2021, belanja TIK itu akan berfokus pada akselerasi transformasi digital untuk penyelenggaraan pemerintahan, sekaligus mewujudkan pelayanan publik yang efisien dan cepat di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

 

Lalu apa itu #UangKita Talk?

#UangKita Talk adalah sebuah ruang diskusi yang menghadirkan narasumber, pemangku kepentingan dan praktisi untuk memberikan wawasan, pengalaman sekaligus mengajak peserta untuk berdialog mengenai berbagai isu yang berkaitan dengan pengelolaan APBN atau #UangKita.

#UangKita Talk kali ini akan diselenggarakan pada hari senin, 23 November 2020 pukul 15.30 – 17.00 WIB LIVE pada Youtube @KemenkeuRI pada tautan https://youtu.be/-S7O_HFMP5o. Kegiatan kali ini mengangkat tema Digital Transformation to Accelerate Indonesia's Economic Growth dan menghadirkan 3 narasumber utama:

  1. Arif Zamani, CFO Sayurbox, akan menceritakan perjuangannya dalam membangun dan membesarkan Sayurbox, sebuah inovasi dan transformasi digital di bidang pertanian. Dia juga akan menceritakan awal mula berdirinya sayur box yang akan memberikan inspirasi tentang bagaimana menemukan potensi di sekitar dan membangunnya menjadi sebuah bisnis yang memberikan dampak bagi banyak orang.
  2. Masyita Crystallin, Staf Khusus Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi akan memberikan pemahaman mengenai arah kebijakan pemerintah dalam mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia diantaranya melalui belanja infrastruktur dan belanja Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  3. Danny Ardianto, Public Policy & Government Relations Manager, Google Indonesia yang akan bercerita mengenai perkembangan dan potensi ekonomi digital di Indonesia serta kolaborasi yang tengah dilakukan Google dengan Pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Digital Indonesia.

 

Dengan mengikuti #UangKita Talk, masyarakat diharapkan dapat memahami arah kebijakan pemerintah, berkontribusi dan turut mengawasi pembangunan Indonesia.

PENTING: