Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


Perkembangan 2011

Pengelolaan kinerja berbasis BSC di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) didasarkan pada Keputusan Menteri Keuangan Nomor 12/KMK.01/2010 tentang Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Departemen Keuangan. Keputusan tersebut mengatur tentang penetapan pengelola kinerja, kontrak kinerja, penyusunan dan perubahan peta strategi, IKU, target, dan pelaporan capaian kinerja triwulan kepada Menteri Keuangan.
 

A. PETA STRATEGI DAN IKU KEMENKEU 2011
  Berdasarkan visi, misi, dan tujuan strategis Kemenkeu dalam Renstra Kementerian Keuangan 2010-2014 dan atas arahan Menteri Keuangan, disusunlah suatu peta strategi yang merupakan suatu dashboard yang memetakan sasaran strategis (SS) Kemenkeu dalam suatu kerangka hubungan sebab akibat yang menggambarkan keseluruhan perjalanan strategi Kemenkeu. Peta Strategi Kemenkeu yang kemudian disebut Kemenkeu-Wide Tahun 2011 ditetapkan oleh Menteri Keuangan pada tanggal 7 Februari 2011, terdiri atas 16 SS dan 36 Indikator Kinerja Utama (IKU). Peta strategi, Sasaran Strategis dan IKU Kemenkeu 2011 adalah sebagai berikut :

Peta Strategi Kemenkeu

Peta Strategis 2011

Tabel SS dan IKU Kementerian Keuangan

Tabel SS dan IKU
 

B. KONTRAK KINERJA
  Pada tahun 2011, Kontrak Kinerja antara Pimpinan Unit Eselon I dan Menteri Keuangan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2011 dengan rincian sebagai berikut :

Kontrak Kinerja
 

C. INTERNALISASI MANAJEMEN KINERJA BERBASIS BSC DI LINGKUNGAN KEMENKEU
  Menteri Keuangan beserta Pimpinan Unit Eselon I memiliki komitmen yang tinggi terhadap kinerja Kemenkeu, yang juga harus dimiliki oleh seluruh Pegawai Kemenkeu. Oleh karena itu, sosialisasi terhadap sistem manajemen kinerja berbasis balanced scorecard ini harus terus dilakukan kepada para pimpinan bahkan kepada semua tingkatan di lingkungan Kemenkeu

Kegiatan internalisasi BSC Kemenkeu akan terus dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja dan peningkatan pemahaman akan pentingnya perencanaan, implementasi, dan evaluasi kinerja berdasarkan konsep BSC kepada seluruh pegawai Kemenkeu.

Masih banyak "pekerjaan rumah" yang harus diselesaikan Kemenkeu guna meningkatkan kualitas implementasi manajemen kinerja berbasis Balanced Scorecard. Komitmen dan dukungan dari para pimpinan dan seluruh pegawai Kemenkeu, terutama menyangkut perkembangan teknologi dan manajemen perubahan (change management) yang melibatkan aspek budaya dan perilaku, masih perlu ditingkatkan.