Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Di Masa Pandemi Kemenkeu Tetap Bekerja Secara Produktif dan Maksimal

Jakarta, 15/01/21 Kemenkeu –Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto menjelaskan ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk di Indonesia, telah merubah pola hidup masyarakat dan penyesuaian cara bekerja yang baru. Tidak terkecuali dengan Kementerian Keuangan yang tetap bekerja secara produktif dan berkinerja maksimal dengan cara digital serta dilakukan mekanisme pengaturan work from home (WFH).

“Semua protokol kesehatan dan kebiasaan baru telah diikuti dengan penyesuaian cara kita dalam bekerja. Saat ini sebagian besar pekerjaan kita lakukan secara digital, memproses dokumen secara elektronik, rapat dan acara kedinasan dilakukan secara virtual, dan bahkan pelantikan dilakukan dengan menggunakan media online,” jelas Sesjen saat memberikan sambutan pada acara Bincang Santai dan Produktif yang dilakukan secara virtual pada Jumat (15/01).

Selain itu, Sesjen menyebutkan jumlah pegawai yang masuk dan bekerja di kantor (work from office/WFO) dan yang bekerja dari rumah (work from home/WFH) serta yang bekerja dari homebase juga diatur dan dikendalikan. Selain itu, aturan pegawai untuk melakukan perjalanan dinas baik perjalanan keluar kota maupun untuk kepentingan pribadi telah disesuaikan. Itu semua dilakukan untuk mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

“Semua itu memang telah membatasi aktivitas fisik kita. Namun dengan pembatasan tersebut, justru kita semakin produktif. Banyak kebijakan strategis yang telah dihasilkan oleh Kementerian Keuangan seperti peraturan pemerintah pengganti Undang-undang Nomor 1 yang ditetapkan menjadi Undang-undang No 2 Tahun 2020, ada UU Cipta Kerja dan beberapa peraturan pemerintah turunannya,” tukasnya.

Selain itu, Sesjen menambahkan pada tahun 2020 Kementerian Keuangan telah mendapatkan beberapa prestasi dan penghargaan terkait penilaian kompetensi kinerja, komitmen pengawasan dan pengendalian, kehumasan, penerapan WBK WBBM serta inovasi pelayanan. Capaian ini menggambarkan bahwa Kementerian Keuangan tetap melakukan kinerja secara baik dan maksimal meskipun dalam situasi pandemi.

“Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya pada seluruh pimpinan pejabat dan seluruh pegawai Kementerian Keuangan yang telah mampu untuk tetap terus meningkatkan kinerja menyesuaikan diri dengan perubahan serta cara kerja baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutup Sesjen. (nug/ip/hpy)