Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJBC Tembilahan Dorong Ekspor Perdana Ke Malaysia

Jakarta, 24/01/2019 Kemenkeu – Dalam menjalankan peran sebagai trade facilitator dan mendorong ekspor nasional, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) C Tembilahan selalu berupaya secara maksimal dalam memberikan fasilitas guna memudahkan kegiatan perdagangan masyarakat di kancah internasional. Pada Senin (21/01) KPPBC TMP C Tembilahan memfasilitasi ekspor perdana siput sebanyak 12 Ton ke Malaysia.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Kepala KPPBC TMP C Tembilahan Anton Martin mengungkapkan bahwa selain DJBC, instansi lain turut berperan dalam mendorong ekspor. “Pertumbuhan ekspor merupakan tanggung jawab kita selaku instansi pemerintah dan para pelaku usaha bersama dalam memajukan perekonomian rakyat serta dapat memanfaatkan hasil laut dengan baik dan maksimal,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Indragiri Hilir turut mengungkapkan apresiasinya dengan dilaksakannya ekspor perdana ini.  “Bagaimana tidak, ketika dulu siput hanya dijual Rp5000 perkilo dan kini harganya bisa mencapai Rp10.000 perkilo karena digunakan untuk tujuan ekspor,” ujarnya. Bupati Indragiri Hilir bersyukur karena dibalik harga komoditi kelapa bulat yang turun, hadir solusi lain yaitu ekspor siput yang tidak kalah dapat membantu perekonomian daerah. Sementara itu, Bupati Indragiri Hilir juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga laut dengan tidak menggunakan racun dan setrum saat menangkap hasil laut termasuk siput di dalamnya, supaya ekosistem laut tetap terjaga dan populasi siput tidak berkurang. (DJBC/hr/rsa).