Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJKN Lakukan Sinergi bersama K/L Tuntaskan Target Sertifikasi BMN 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Jakarta, 04/05/2020 Kemenkeu – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan kementerian/lembaga terkait menuntaskan target sertifikasi Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah 1.452 bidang tanah atau hampir sepuluh persen dari total 15.426 bidang tanah yang ditargetkan telah selesai disertifikasi. Sementara itu, sebanyak 5.660 bidang tanah telah dilakukan pengukuran untuk selanjutnya segera diajukan proses penerbitan sertipikat.

Dikutip dari laman DJKN, capaian ini merupakan bukti kerja keras DJKN, Kementerian ATR/BPN, dan kementerian/lembaga dalam upaya penertiban dan pengamanan aset negara/BMN berupa tanah. Walaupun terhambat oleh berbagai kebijakan pembatasan sosial dan pertimbangan kesehatan akibat pandemi Covid-19, para petugas tetap turun langsung ke lapangan demi melakukan penelusuran terhadap lokasi dan kondisi tanah yang akan disertifikasi.

Sebagaimana diketahui, capaian sertifikasi BMN selama tiga tahun terakhir selalu berhasil melebihi target seratus persen. "Saya kira bapak ibu bisa menyimpulkan sendiri, bahwa, dengan peraturan-peraturan yang sama, nyatanya kita bisa membuat perubahan pada tingkatan capaian dari tahun ke tahun. Karena apa? Karena ini kita mengerjakannya secara bersama-sama, antara BPN, DJKN, dan teman-teman kementerian/lembaga," ujar Kepala Subdirektorat BMN III DJKN Bambang Sulistyono pada Rapat Koordinasi Percepatan Sertifikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2020 antara Jajaran DJKN dan Kementerian ATR/BPN beberapa waktu lalu. (DJKN/hr/aw)