Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJKN Paparkan Pengelolaan Aset Indonesia ke Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan

Jakarta, 19/06/2019 Kemenkeu – Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan dan Korea Asset Management Corporation (KAMCO) yang didampingi oleh perwakilan Kedutaan Besar Republik Korea melakukan kunjungan ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) untuk mengetahui mengenai pengelolaan aset negara di Indonesia.

Dikutip dari laman DJKN, Ketua tim delegasi Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan Kim Kyunghee mengatakan bahwa Indonesia adalah negara besar yang memiliki kekayaan sumber daya alam nomor satu di Asia Tenggara. “Tujuan kami ke sini adalah untuk mengetahui bagaimana Indonesia mengatur aset negara,” ujarnya di Kantor LMAN, Jakarta pada Selasa (18/06).

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama LMAN Rahayu Puspitasari menjelaskan secara singkat mengenai pengelolaan aset di Indonesia. “Dalam mengatur aset negara yang idle, kami mengelola aset tersebut sesuai dengan penggunaan tertinggi dan terbaik dilihat dari lokasi, potensi, dan dimana aset itu berada,” jelasnya.

Lebih lanjut, Puspa menjelaskan secara rinci mengenai pengelolaan aset atau barang milik negara, yaitu penetapan status penggunaan BMN, penetapan status penggunaan BMN untuk dioperasikan oleh pihak lain, penggunaan sementara BMN dan pengalihan status penggunaan BMN. “Kementerian Keuangan bertugas sebagai pengelola barang dan kementerian/lembaga sebagai pengguna barang,” tambahnya. (DJKN/hr/ds).