Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJKN Segera Luncurkan Lelang Hak Sewa

Jakarta, 06/12/2018 Kemenkeu – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) memprakarsai penjualan hak sewa atas suatu aset dengan cara lelang sebagai respons atas animo masyarakat yang ingin melelang hak sewa atas propertinya. Saat ini petunjuk teknis (juknis) tentang prosedur lelang jenis baru tersebut sedang dalam proses penyusunan.

Dikutip dari laman DJKN, Kepala Subdirektorat Bina Lelang III DJKN N. Eko Laksito menyampaikan harapannya agar KPKNL lebih intensif melakukan penggalian potensi lelang, terutama lelang noneksekusi berupa hak sewa. Menurutnya, potensi lelang hak sewa dapat menjadi salah satu pintu untuk menuju pencapaian target lelang tahun 2019  karena hal tersebut merupakan peluang baru.

“Inisiatif penyusunan juknis ini diawali dengan memperhatikan keadaan masyarakat atau biasa disebut dengan faktor sosiologis pembuatan peraturan,” ujarnya di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang II pada Selasa (27/11). Pada kesempatan ini, Kepala Subdirektorat Bina Lelang III bersama tim dari Kantor Pusat DJKN menggelar Focused Group Discussion (FGD) untuk membahas dan menghimpun masukan terkait rancangan juknis lelang hak sewa.

Pada kesempatan tersebut, salah satu hal yang dibahas dalam FGD ini mengenai risalah lelang hak sewa yang akan memuat hal-hal yang biasa ditulis dalam perjanjian sewa. Untuk itu, pembahasan terkait dokumen persyaratan lelang baik yang bersifat umum maupun khusus dibahas secara cermat per jenis lelang, mengingat dokumen tersebut akan menjadi dasar perjanjian sewa yang akan dituangkan  dalam risalah lelang. Selain itu, prosedur pembayaran sewa pada lelang hak sewa ini juga berbeda dengan prosedur sewa biasa. Karena lelang merupakan penjualan yang bersifat terputus, maka pembayaran biaya sewa tidak dapat dilakukan secara bertahap namun harus satu kali sesuai prosedur lelang pada umumnya. (DJKN/hr/rsa).