Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP dan Lembaga Riset IBFD Lakukan Penandatanganan MOU

Jakarta, 10/07/2020 Kemenkeu – Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo bersama pejabat Lembaga riset International Bureau of Fiscal Documentation (IBFD) Victor van Kommer melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) secara daring pada Kamis (09/07) bertempat di Gedung Mar’ie Muhammad, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta. Penandatanganan nota kesepahaman ini dilaksanakan untuk memperkuat kapasitas Direktorat Jenderal Pajak khususnya dalam bidang regulasi dan peraturan perpajakan.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pajak (DJP), penguatan kapasitas ini penting untuk membantu menciptakan regulasi perpajakan yang meningkatkan kepastian hukum, mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya kepatuhan wajib pajak, serta memperluas basis perpajakan dan meningkatkan penerimaan negara.

Adapun empat inisiatif utama dalam kerja sama ini adalah pengevaluasian regulasi yang berlaku saat ini, penyempurnaan regulasi, pembuatan regulasi yang mendorong ekonomi dan penerimaan pajak, serta penyusunan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan. Penguatan kapasitas perpajakan khususnya di bidang regulasi merupakan bagian penting dari upaya reformasi sistem administrasi perpajakan Indonesia. (DJP/hr/ds)