Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJP Gandeng KPK Kuatkan 900 Pegawai Unit Kepatuhan Internal

Jakarta, 16/04/2019 Kemenkeu – Dalam rangka untuk meningkatkan kepercayaan wajib pajak kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP), pada Selasa (09/04) bertempat di Aula Cakti Buddhi Bhakti, Gedung Mar’ie Muhammad, Kantor Pusat diselenggarakan Penguatan Unit Kepatuhan Internal (UKI) yang bertajuk “Membiasakan Yang Benar, Bukan Membenarkan Yang Biasa” dengan mengundang pembicara Inspektur Jenderal (Irjen) Sumiyati dan Direktur Gratifikasi KPK Syarief Hidayat.

Dikutip dari laman DJP, Irjen Sumiyati memaparkan secara detil hasil penilaian persepsi integritas unit Eselon I di Lingkungan Kementerian Keuangan 2018 yang salah satunya adalah nilai persepsi integritas DJP. Pada kesempatan tersebut Irjen juga menekankan pentingnya upaya pengendalian fraud di Lingkungan DJP dan peran UKI sebagai lapis pertahanan kedua dalam mengawal pencapaian visi DJP sebagai institusi penghimpun penerimaan negara yang terbaik demi menjamin kedaulatan dan kemandirian negara.

Sedangkan Direktur Gratifikasi KPK Syarief Hidayat menguraikan secara detil pengertian gratifikasi, contoh-contoh kasus tentang pengendalian gratifikasi, dan menekankan pentingnya peran pegawai DJP sebagai Aparatur Sipil Negara dalam pengendalian gratifikasi. Di akhir acara, Direktur Kepatuhan Internal dan Transformasi Sumber Daya Aparatur DJP Harry Gumelar menyampaikan beberapa pesan agar seluruh pegawai di Direktorat Jenderal Pajak bekerja secara profesional dan melaksanakan tugas sesuai dengan SOP, peraturan, dan ketentuan yang berlaku. Harry menekankan pentingnya peran UKI di Lingkungan DJP untuk mengawasi dan mengingatkan para pegawai di lingkungannya masing-masing agar menjunjung tinggi nilai-nilai Kementerian Keuangan serta memegang teguh kode etik pegawai DJP dan disiplin PNS.

“Untuk mewujudkan DJP bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme, setiap pegawai dilarang untuk menerima pemberian berupa barang, fasilitas atau apapun dari wajib pajak. Apabila mengetahui pelanggaran, segera melaporkannya melalui saluran pengaduan Whistleblowing System,” ungkapnya. Sebagai informasi, lebih dari 900 undangan dari seluruh unit kepatuhan internal di seluruh Indonesia hadir dalam acara yang diselenggarakan selama empat hari berturut-turut ini. Pada acara ini dihadiri pula oleh Staf Ahli Menteri Keuangan, Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak, Tenaga Pengkaji Bidang Pembinaan dan Penertiban Sumber Daya Manusia, Kepala Bagian Umum Kanwil DJP dan pejabat-pejabat lainnya di lingkungan Kantor Pusat DJP. (DJP/hr/ds).