Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DJPPR Pastikan PLTU Anggrek-Gorontalo Operasi Sesuai Target

Jakarta, 06/11/2019 Kemenkeu – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) bersama dengan Divisi Manajemen Risiko PT.Perusahan Listrik Negara (PLN) kembali melakukan kegiatan site visit ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Anggrek – Gorontalo pada Selasa (29/10). Kegiatan ini merupakan kelanjutan monitoring risiko atas pemberian jaminan pemerintah untuk proyek Fast Track Program Tahap 1.

Dikutip dari laman DJPPR, PLTU Anggrek – Gorontalo ini terdiri dari dua unit dengan kapasitas masing-masing 25 MW (2x25MW). Pada Jumat (20/09) lalu, unit 2 telah mencapai Commercial Operation Date (COD), sedangkan unit 1 ditargetkan mencapai COD pada akhir November ini. Perkembangan saat ini, unit 1 sedang dalam tahap sinkronisasi dengan sistem kelistrikan Sulawesi Utara-Gorontalo (SULUTGO). Pada kesempatan tersebut, DJPPR akan terus memantau perkembangan dari unit 1 agar COD dapat diselesaikan sesuai dengan target yang ditentukan dan memastikan kinerja operasi PLTU dapat terjaga.

Pembangunan PLTU Anggrek – Gorontalo ini tidak hanya menjadi upaya untuk meningkatkan pasokan listrik, namun juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar, salah satunya melalui penyerapan tenaga kerja lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi warga sekitar. Selain itu, unit 2 yang telah beroperasi juga memberikan manfaat seperti penurunan biaya pokok penyediaan dan mendukung perbaikan tegangan di sistem SULUTGO. (DJPPR/hr/ds)