Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Dua Inovasi DJP Masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik

Jakarta, 12/06/2019 Kemenkeu – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) mengumumkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada Selasa (21/05). Dua inovasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) berupa E-Filing dan Mobile Tax Unit (MTU) masuk dalam daftar kategori Tata Kelola Pemerintahan.

Dikutip dari laman DJP, E-Filing merupakan aplikasi yang memudahkan wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan elektronik yang dilakukan secara daring dan waktu nyata melalui internet. DJP mengembangkan e-Filing sejak 2012 dan mengalami perkembangan yang pesat pada saat ini. Berdasarkan data penyampaian SPT Tahunan per tanggal 30 April 2019 jumlah SPT yang dilaporkan secara e-Filing sebanyak 10.372.321 SPT. Naik 17,46% dari tahun sebelumnya.

Sedangkan MTU adalah layanan mobil pajak keliling untuk menjangkau wajib pajak yang berada di daerah-daerah terpencil. MTU memberikan pelayanan berupa penyediaan materi dan sarana penyuluhan, konsultasi Perpajakan, pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melalui e-registration untuk wajib pajak domisili, cetak ulang kartu NPWP, penerimaan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa dan SPT Tahunan, dan pengaduan masyarakat tentang masalah perpajakan.

Sebagai informasi, KemenPANRB menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah. Jumlah peserta diikuti oleh 331 instansi dengan mengumpulkan 3.156 inovasi pelayanan publik. (DJP/hr/ds).