Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu dan Kemendagri Tandatangani Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan NIK

Jakarta, 16/05/2019 Kemenkeu – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bersama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menandatangani Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan KTP Elektronik dalam Layanan DJKN, pada Kamis, (09/05) bertempat di Kantor Pusat DJKN, Jakarta.

Dikutip dari laman DJKN, perjanjian yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata dan Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitas dan keamanan dalam rangka pelaksanaan layanan DJKN. “Bagi kami (DJKN), pemanfaatan data kependudukan ini menjadi esensial karena harus mengurus dua hal yaitu pertama piutang negara dan yang kedua lelang,” ungkap Dirjen Kekayaan Negara.

Dirjen Kekayaan Negara menekankan pentingnya pemanfaatan NIK untuk keamanan terutama dalam hal lelang. Menurutnya, dengan menggunakan identitas resmi berupa NIK, adanya modus tindak pidana pencucian uang dengan mengikuti lelang dapat langsung dilacak dan kemudian dilaporkan kepada pihak yang berwenang. 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Dirjen Dukcapil Kemendagri menyatakan dukungannya dalam pemanfaatan NIK untuk layanan DJKN. Zudan juga menjelaskan fasilitas-fasilitas yang nantinya dapat digunakan dalam layanan DJKN. “Kita Dukcapil juga sudah mulai menggunakan face recognition sehingga dengan menggunakan foto dan diupload di website saja otomatis data sudah bisa didapatkan,” pungkasnya. (DJKN/hr/ds).