Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPKNL Pekalongan Selesaikan Revaluasi BMN Tahun 2018 Tepat Waktu

Jakarta, 13/03/2018 Kemenkeu –  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Tahap Akhir Revaluasi Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2018 dan mengundang satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Pekalongan bertempat di Aula KPKNL Pekalongan pada Selasa (06/03). Acara ini merupakan tanda berakhirnya revaluasi BMN KPKNL Pekalongan sesuai jadwal yang telah ditetapkan yaitu akhir bulan Februari 2018.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kepala KPKNL Pekalongan Marhaeni Rumiasih menyampaikan bahwa salah satu tujuan revaluasi BMN  adalah sebagai acuan pemerintah dalam menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk meyakinkan investor bahwa kekayaan Indonesia luar biasa. Oleh karena itu  pengelolaan aset harus tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum. Dari target sebanyak 33 Satuan Kerja dengan jumlah 828 NUP yang harus diselesaikan, 100% satker sudah selesai revaluasi BMN sampai dengan terbitnya Berita Acara Rekonsiliasi Inventarisasi dan Penilaian (BAR IP). BMN yang nilai sebelumnya hanya Rp912 miliar, setelah dilakukan penilaian kembali nilainya menjadi Rp2,5 triliun dan total NUP yang telah diselesaikan berjumlah 912 NUP.

“Masih ada sedikit catatan dalam pelaksanaan Revaluasi BMN Tahun ini yaitu dalam hal pencatatan BMN. Dari target NUP tersebut ternyata masih ada barang berlebih yang belum dicatat dalam laporan barang milik satuan kerja. Agar kedepannya penatausahaan BMN lebih tertib lagi sehingga kualitas LKPP lebih baik,” ungkapnya. (DJKN/hr/rsa)