Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Lelang Barang Rampasan Berhasil Kembalikan 9 Miliar ke kas Negara

Jakarta, 08/10/2018 Kemenkeu – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan berhasil mengembalikan dana sebesar 9 miliar rupiah ke kas negara melalui lelang barang rampasan milik mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin yang dilaksanakan pada Kamis (04/10). Lelang ini diajukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 980 K/Pid.Sus/2016 tanggal 29 Juni 2016 dalam perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) atas nama Fuad Amin yang telah berkekuatan hukum tetap/incraht.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kepala KPKNL Pamekasan Harmaji menjelaskan bahwa lelang ini sebagai salah satu upaya penegakan hukum dan dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). “Uang hasil bersih pelaksanaan lelang nantinya akan disetorkan ke rekening  KPK dan selanjutnya  disetorkan ke kas negara sebagai hasil dari penindakan tindak pidana korupsi,” pungkasnya.

Sementara itu, pada saat sebelum lelang dilaksanakan, Jaksa KPK Herlambang menjelaskan bahwa lelang ini bertujuan untuk memulihkan kerugian negara akibat tindak pidana korupsi. “Lelang kali ini bertujuan untuk memulihkan/recovery aset hasil sitaan KPK agar dapat diuangkan/dijual yang hasilnya disetorkan ke Kas Negara dan digunakan untuk pembangunan,” ungkap Jaksa KPK.

Sebagai informasi, lelang ini dilaksanakan secara e-auction tanpa kehadiran peserta lelang, pegawai KPKNL Pamekasan Arasmin Simamora bertindak sebagai Pejabat Lelang sedangkan yang bertindak sebagai Pejabat Penjual Jaksa pada KPK adalah Adyantana Meru Herlambang. (DJKN/hr/rsa)