Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Penanaman Wawasan Kebangsaan Sebagai Upaya Menjaga Pancasila

Jakarta, 17/09/2019 Kemenkeu – Sekretariat Jenderal (Setjen) menyelenggarakan acara penanaman wawasan kebangsaan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Setjen dengan tema "Generasi Muda Setjen Membangun Negeri" pada Senin (16/09) bertempat di Aula Mezzanine, Gedung Djuanda. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara orientasi sekaligus tindak lanjut atas arahan langsung dari Menteri Keuangan (Menkeu).

Dikutip dari laman Setjen, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto dalam arahannya menyampaikan bahwa Setjen sebagai supporting unit mampu menjadi pemain utama, Setjen sebagai supporting unit memiliki sifat yang sangat strategis. Sebagai Prime Mover, Setjen harus bisa menjadi penggerak utama dalam menjaga persatuan dan menjaga nilai-nilai Pancasila di tengah banyaknya tantangan global maupun domestik. Salah satu tantangan signifikan saat ini adalah informasi lancung yang banyak beredar, yang dapat menimbulkan ancaman terhadap persatuan dan kesatuan. Hal ini dapat dicegah dengan cara giat mencari tahu kebenaran sebuah informasi sebelum mempercayai dan menyebarkannya.

“Sebagai ASN, salah satu fungsi kita adalah sebagai alat perekat bangsa,” ujar Sesjen. Menurut Sesjen, nasionalisme bukanlah sesuatu yang dapat tumbuh dengan sendirinya melainkan harus diciptakan dan dipelihara sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. “Rasa cinta terhadap negara dapat ditumbuhkan dengan berusaha mengenali Indonesia dengan lebih baik. ASN harus menjadi motor untuk menjaga persatuan,” tambahnya. Sebagai informasi, peserta yang hadir pada acara tersebut sebanyak 97 orang CPNS dan 203 orang ASN. (Setjen/hr/ds)