Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Perencanaan yang Lebih Baik untuk Hasil Pengawasan yang Lebih Berkualitas

Jakarta, 08/05/2019 Kemenkeu – Inspektorat Jenderal (Itjen) menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Perencanaan 2020 dengan tema “Perencanaan yang Lebih Baik untuk Hasil Pengawasan yang Lebih Berkualitas” pada tanggal 2-4 Mei 2019 bertempat di Jakarta dan Bogor. Penyelenggaraan Rakernis ini sejalan dengan proses penyusunan RPJMN Teknokratik 2020-2024 yang sedang disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Dikutip dari laman Itjen, pembahasan Rakernis ini berfokus pada empat hal, yaitu:

1.   Evaluasi progres dan hasil pengawasan Itjen tahun 2019;

2.   pembahasan konsep Rancangan Teknokratik Renstra Itjen 2020 – 2024;

3.  pembahasan hasil kajian Tim Task Force Penganggaran Berbasis Kinerja Itjen; dan

4. pembahasan rancangan awal dokumen perencanaan dan penganggaran Itjen TA 2020.

Keempat topik utama ini diharapkan dapat dikaji untuk menghasilkan suatu rencana strategis yang akan menjadi pedoman kerja Itjen selama 5 tahun ke depan. “Rencana strategis ini diharapkan jelas, fokus, dan juga komprehensif. Rencana kerja ini akan menjadi pedoman kerja untuk 5 tahun ke depan, maka pastikan arsitektur data dan informasi kinerjanya jelas,” ungkap Inspektur Jenderal (Irjen) Sumiyati dalam arahannya.

Irjen berharap bahwa kompetensi para auditor Itjen, terutama dalam softskill dapat menjadi concern para pimpinan dalam merumuskan suatu perencanaan. “kita akan bergerak dari watchdog ke trusted advisor. Jika begitu, kita tidak bisa hanya memiliki kemampuan untuk membuat laporan, namun juga perlu kemampuan dalam menyampaikan dan mem-persuade mitra kita untuk melaksanakan apa yang kita rekomendasikan,” ujarnya. (Itjen/hr/ds).