Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Perkuat Pengawasan Kemaritiman, DJBC Eratkan Sinergi Dengan Singapore Police Coast Guard

Jakarta, 26/10/2020 Kemenkeu – Bea Cukai Batam, Kantor Wilayah Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau, dan Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam mengadakan pertemuan di laut (Rendezvouz at Sea) dengan Singapore Police Coast Guard (SPCG) di wilayah perbatasan perairan Indonesia dan Singapura.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), pertemuan tersebut merupakan agenda lanjutan yang sejak ditandatanginya memorandum of understanding (MoU) antara DJBC dan SPCG. Kerja sama ini bertujuan untuk mencegah terjadinya segala bentuk kejahatan kemaritiman di wilayah perbatasan Indonesia dan Singapura seperti praktik perdagangan ilegal yang dikhawatirkan akan digunakan untuk mendanai kejahatan yang lebih besar antara lain transnational organize crime atau terorisme.

Wilayah perbatasan laut Indonesia dan Singapura merupakan jalur strategis yang dipadati oleh kegiatan kemaritiman internasional sekaligus menjadi perlintasan kapal yang berlayar antarbenua dan antarsamudera. Kondisi tersebut menyebabkan perlunya pengawasan yang ketat di wilayah perairan Indonesia dan Singapura. Adanya pertukaran informasi yang cepat dan tepat antara DJBC dan SPCG akan sangat memudahkan pengawasan dan pencegahan penyelundupan di wilayah perairan yang sekaligus menjadi wilayah perbatasan antara Indonesia dan Singapura. (DJBC/hr/aw)