Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Program Tax Amnesty Berhasil Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak di Sumatera Barat

Jakarta - 25/10/2017 Kemenkeu – Program Tax Amnesty (TA) yang dilaksanakan Pemerintah tahun 2016 lalu berhasil meningkatkan kepatuhan wajib pajak (WP) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini disampaikan oleh Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Yon Arsal saat Seminar Forum Ekonomi Kementerian Keuangan (FEKK) dengan tema RAPBN 2018, Pemerataan Pembangunan yang Berkeadilan bertempat di Hotel Axana Sumatera Barat pada Rabu (25/10).    

“Di Sumatera Barat itu Alhamdulillah terjadi peningkatan yang krusial pak,  setelah tax amnesty. Jadi ukuran kami yang pertama untuk menguji apakah tax amnesty kita berhasil atau tidak adalah kepatuhan WP pak, kalau tadinya di 2013 dari yang lapor hanya 57% sekarang sudah meningkat 72%, artinya ada perubahan perilaku orang dari sebelum ke setelah tax amnesty itu sinyal positif,” ungkap Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak.

Lebih lanjut, Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak menyampaikan bahwa TA berhasil meningkatkan kepatuhan WP pribadi Sumbar dan meningkatkan edukasi masyarakat tentang pajak. Selain itu, TA juga menjadi salah satu trending topik sejak digaungkan di pertengahan tahun 2016 lalu. (BS/hr)