Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ratusan Wajib Pajak Padati Edukasi e-Faktur

Jakarta, 13/03/2018 Kemenkeu –  Ratusan Wajib Pajak (WP) antusias mengikuti acara Edukasi e-Faktur yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II bekerja sama dengan Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) bertempat di ballroom Hotel Sunan Solo pada Selasa (06/03).

Dikutip dari laman DJP, edukasi e-Faktur ini merupakan inisiatif dari PMS yang ingin tahu lebih jelas mengenai peraturan terbaru PER-31/PJ/2017 yang mewajibkan pencantuman NIK pada e-Faktur bagi pembeli yang tidak memiliki NPWP. Sementara itu, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Rida Handanu menyampaikan bahwa mulai 1 April 2018, pengusaha kena pajak (PKP) wajib menyampaikan faktur dengan mencantumkan identitas pembeli antara lain Nama, Alamat, NPWP, atau NIK apabila pembeli tidak memiliki NPWP. “Apabila dalam pelaksanaan aturan ini terjadi kendala, harap menyampaikan ke KPP atau ke Kanwil DJP Jawa Tengah II untuk dicari solusinya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Account Representative (AR) Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta Erwin Prasetyo menyampaikan bahwa bagi yang tidak mencantumkan identitas yang dimaksud tersebut maka e-faktur yang diterbitkan tersebut termasuk e-faktur yang diterbitkan tidak berdasarkan transaksi yang sebenarnya. (DJP/hr/rsa)