Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sekjen: Kemenkeu Dukung Kebijakan Pemerintah Tanggulangi Penyebaran Covid19

Jakarta, 15/01/21 Kemenkeu - Dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid-19,  Pemerintah melakukan berbagai kebijakan seperti pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dimulai tanggal 11 Januari 2021 di Jawa dan Bali berdasarkan instruksi Mendagri nomor 1 tahun 2021. Aturan dan kebijakan yang kini ada di Kementerian Keuangan pun sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat tersebut. Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto saat memberikan sambutan pada acara Bincang Santai dan Produktif yang dilakukan secara virtual pada Jumat (15/01).

“Kementerian Keuangan telah menerapkan beberapa berbagai peraturan terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti penerapan sistem kerja WFH, pembatasan WFO dengan maksimal 15% pada wilayah Jabodetabek Surabaya dan wilayah zona merah atau orange risiko tinggi dan sedang serta 50% pada wilayah lainnya, pembentukan taskforce pencegahan Covid-19 di setiap unit eselon I, sosialisasi penerapan protokol kesehatan, dan berbagai kebijakan lainnya untuk mendukung upaya konkret kita membantu pencegahan penyebaran Covid-19,” sebut Hadiyanto.

Hadiyanto mengingatkan berbagai kebijakan tersebut tidak akan berarti dan tidak efektif apabila tidak ada kerjasama dan peran aktif dari masyarakat termasuk pegawai Kementerian Keuangan yang sangat penting dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

“Kita harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 baik ditempat kerja maupun di lingkungan dan keluarga. Apabila terdapat kasus positif, suspect atau probable harus segera melaporkan kepada atasan atau Satgas Covid di masing-masing unit,” jelas Hadiyanto.

Pada kesempatan itu, Hadiyanto juga menyampaikan bahwa Menteri Keuangan selalu mengikuti perkembangan kasus Covid-19 yang ada di lingkungan Kementerian Keuangan.

“Beliau berpesan agar kita semua tanpa kecuali benar-benar memiliki tanggungjawab luar biasa untuk membantu pemerintah melakukan berbagai tindakan yang memungkinkan pencegahan penyebaran Covid-19 ini supaya bisa terkendali dan semakin menurun. Tidak boleh lengah dan kita harus terus waspada walaupun nanti mungkin vaksinasi sudah mulai dijalankan karena tugas kita semua pada level apapun untuk terus mengingatkan kepada keluarga kita, teman serta lingkungan kita untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tutup Hadiyanto. (nug/ip/hpy)