Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

3 Kebijakan Agar Pertumbuhan Indonesia Makin Baik

Jakarta, 07/12/2015 Kemenkeu - Indonesia harus mulai dapat memperbaiki irama pertumbuhannya selangkah demi selangkah. Ini dilakukan setelah sebelumnya Indonesia ikut terseret dalam perlambatan ekonomi dunia. Sejak perlambatan di tahun 2013, kuartal lalu ada titik terang dengan berkurangnya perlambatan. Menurut  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, setidaknya ada 3 hal yang dapat dilakukan agar ke depannya, pertumbuhan Indonesia makin baik lagi.

“Saya ingin menyampaikan 3 hal terkait hal ini. Pertama, kebijakan makro yang prudent,” katanya saat acara Investor Gathering di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan Jakarta pada Senin (07/12). Menurutnya, kebijakan yang diambil disini adalah kebijakan yang memiliki daya ungkit pada perekonomian. “Prudent itu adalah bagaimana berhati-hati tapi tidak kehilangan supaya untuk mendorong atau menciptakan daya ungkit dalam perekonomian,” tambahnya.

Kedua, adalah kebijakan dalam pengeluaran atau belanja, yang dapat mendorong perekonomian. “Bagaimana kebijakan kita dalam hal pengeluaran atau belanja. Itu bagaimana pokok-pokoknya di bidang fiskal,” kata Darmin. Ketiga, terkait reformasi kebijakan. Menurutnya, ini bisa dilihat dari 7 paket kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah selama 3 bulan terakhir. “Oleh karena itu, jangan terlalu pusing apakah ekonomi dunia sembuh benar atau tidak. Yang penting apa yang harus kita lakukan menghadapi situais ekonomi itu,” ungkapnya.(as)