Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

3 Tahun ke Depan, Indonesia – Nigeria Tingkatkan Perdagangan USD5 Miliar

Jakarta, 4/2/2013 MoF (Fiscal) News - Indonesia dan Nigeria sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan menjadi USD5 miliar dalam 3 tahun ke depan. Kesepakatan ini tercapai saat pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri dengan Menteri Perdagangan dan Investasi Nigeria Olusegun Olutoyin Aganga di Abuja, Nigeria pada Sabtu (2/2).

Menurut siaran pers yang dilansir dari laman Kementerian Perdagangan, kesepakatan lainnya yang dicapai adalah pembentukan Preferential Trade Agreement (PTA) dan task force, untuk membuat road map pengembangan perdagangan dan investasi antara kedua negara. “PTA dengan Nigeria adalah langkah yang tepat untuk dapat mengembangkan pasar produk industri Indonesia ke pasar-pasar non tradisional yang selama ini sulit ditembus,” kata Gita.

Total nilai perdagangan Indonesia - Nigeria pada tahun 2011 mencapai USD2,1 miliar. Sementara itu, pada periode Januari-Oktober 2012, perdagangan keduanya mencapai USD2,7 miliar. Selain meningkatkan nilai perdagangan, Gita juga menekankan pentingnya dilakukan rebalancing perdagangan yang menguntungkan kedua negara. Dalam hal ini, Indonesia selalu mengalami defisit rata-rata sekitar USD1,5 miliar setiap tahunnya karena impor minyak dari Nigeria.

Di bidang investasi, tercatat sekitar 11 perusahaan Indonesia telah menanamkan modalnya di Nigeria, khususnya di bidang makanan, polypropylene, obat-obatan, deterjen dan sabun, lampu pijar dan produk kimia lainnya. (ikd)a