Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

3 Tersangka KPK Bukan Pegawai DJP Sejak 1 Agustus 2014

Jakarta, 14/03/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menegaskan bahwa tiga oknum pegawai DJP yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), telah diberhentikan Tidak Dengan Hormat sejak 1 Agustus 2014. Ketiga tersangka berinisial HES, ICN, dan SR terkait atas kasus pemerasan kepada Wajib Pajak (WP). Kasus ini telah didahului dari hasil kerja sama internal DJP dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), selanjutnya diserahkan ke KPK.


Sejak reformasi birokrasi di Kemenkeu bergulir pada 2002, DJP telah membentuk Kanwil DJP dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) WP Besar untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta menghilangkan praktik-praktik yang melanggar hukum terutama korupsi. DJP senantiasa bekerja sama dengan KPK dan aparat penegak hukum lainnya, dalam upaya mengamankan penerimaan negara.  DJP sendiri terus melakukan perbaikan administrasi perpajakan, kepegawaian dan pengawasan internal.


Penetapan atas ketiga tersangka tersebut menjadi bukti kesungguhan pemerintah dalam melakukan penegakan hukum, serta menjadi peringatan kepada pegawai maupun WP untuk tidak melakukan pelanggaran yang menyebabkan kerugian negara. DJP menyampaikan apresiasinya kepada para pihak yang mendukung pemerintah dalam menyukseskan upaya pengamanan penerimaan negara, agar tercapai penerimaan pajak yang optimal. (as)