Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

34 K/L Penyesuaian Remunerasi Tahun 2012

 

Jakarta, 19/05/2011 MoF (Fiscal) News - Pemerintah menargetkan akan melaksanakan reformasi birokrasi dan penyesuaian remunerasi pada 28 Kementerian dan Lembaga (K/L) pada tahun ini. Demikian dikatakan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo pada Rabu (18/05) malam.

Adapun pada tahun mendatang, Pemerintah berencana menambah 34 K/L lagi. “Di tahun 2011 ini kita rencanakan 28 K/L yang akan kita sesuaikan. Nanti di 2012 kita akan menyesuaikan 34 K/L. Sedangakan di periode yang lalu kita sudah bisa melakukan penyesuaian remunerasi pada 9 K/L,” ucap Menkeu.

Untuk tahun 2012, kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp25 triliun per tahun. Namun, anggaran yang ada kemungkinan hanya sekitar Rp15,8 triliun. Kita merencanakan penambahan Rp7 triliun dalam APBN-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan)," ujarnya.

Dalam Kesempatan  tersebut, Menkeu juga mengimbau agar seluruh K/L yang telah mendapatkan penyesuaian remunerasi senantiasa berupaya melakukan yang terbaik dan meningkatkan kinerja. "Kita mendapatkan kita syukuri, agar nanti ketika akan dievaluasi dan jika keadaan keuangan negara memungkinkan, kita akan lakukan penyesuaian (remunerasi) kembali," katanya.  

Menkeu mengakui, ada faktor yang menyebabkan remunerasi tidak dapat terealisasi 100 persen. Bagi K/L yang belum menerima remunerasi 100 persen, Menkeu menjelaskan, K/L harus melalui sembilan tahapan dari tim independen dan Quality Assurance. ”Kalau kesembilannya telah dilalui dan apabila tersedia dana dan disetujui, baru dapat disesuaikan menjadi 100 persen,” katanya.(ak)