Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

4 Pilar Utama Layani Stakeholders

Jakarta, 25/09/2013 MoF (Fiscal) News – Tim kerja penilai Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Kemenkeu melakukan penilaian pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya, Rabu (25/9). Tim beranggotakan Kepala Biro Perlengkapan Ilhamsyah, Plt. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Ditjen Perbendaharaan Kalimantan Tengah Ludiro dan Kepala Pushaka Arif Baharuddin.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penilai Ilhamsyah menyatakan bahwa setiap tahun, tim penilai melakukan penilaian terhadap kantor percontohan di empat direktorat jenderal di lingkungan Kemenkeu, yaitu DJKN, DJP, DJBC, dan Ditjen Perbendaharaan. "(Keempat ditjen) itu semuanya fungsinya adalah pelayanan. Tiap ditjen ada 3 kantor yang dinilai, yang sudah dipilih yang baik-baik, jadi kita tinggal menilai yang terbaik," ungkapnya.

KPKNL Palangka Raya menjadi kantor pelayanan vertikal terakhir di lingkungan DJKN yang dinilai oleh tim penilai KPPc Kemenkeu 2013. Sebelumnya, tim telah melakukan penilaian pada KPKNL Pekalongan dan KPKNL Padang.

Ia menambahkan, tujuan penilaian KPPc ini antara lain untuk memberikan apresiasi pada kantor pelayanan yang telah memberikan pelayanan terbaiknya. Selain itu, penilaian ini juga diharapkan dapat memotivasi pegawai dalam memberi pelayanan pada stakeholders serta memperbaiki kinerja pelayanan publik yang lebih baik dan berkualitas.

Sementara itu, Kepala KPKNL Palangka Raya Purwono menjelaskan empat pilar utama upaya peningkatan kinerja yang meliputi mutu layanan, sarana dan prasarana, sistem informasi, dan sumber daya manusia. Menurutnya, keempat pilar tersebut jika dipadukan dengan inovasi akan menghasilkan pelayanan yang baik, yang pada akhirnya akan memberikan kepuasan bagistakeholders.

Pada kesempatan tersebut, tim penilai juga melakukan tanya jawab dengan para stakeholdersterkait pelayanan KPKNL Palangka Raya. Pada umumnya, para pemangku kepentingan tersebut menyatakan puas atas pelayanan yang diberikan. Selanjutnya, tim juga melakukan peninjauan/observasi kantor. (nv)