Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

4 Ribu Ton Barang Tegahan dari K.M. Kelud Dimusnahkan

Jakarta, 20/06/2013 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean Belawan (KPPBC TMP Belawan) memusnahkan berupa bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay sebanyak 4.010,5 ton yang berasal dari K.M. Kelud yang datang dari daerah Free Trade Zone (FTZ) Batam.

Barang tersebut ditegah dari informasi masyarakat dan informasi dari Bea Cukai Batam. Pada 7 April 2013, KPPBC TMP Belawan bersama-sama dengan instansi pemerintah lainnya di lingkungan Pelabuhan Belawan, telah melakukan operasi bersama pada sarana pengangkut yang datang dari daerah FTZ Batam. Operasi bersama tersebut dilaksanakan pada saat pembongkaran barang dari sarana pengangkut antar pulau yaitu K.M.Kelud. Saat operasi bersama tersebut, petugas menemukan barang berupa bawang tanpa dokumen sehingga dilakukan penindakan kepabeanan.

Selanjutnya, barang tersebut ditetapkan sebagai Barang yang Dikuasai Negara. Mengingat barang tersebut sudah dalam kondisi rusak dan tidak bernilai ekonomis, maka berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 62/PMK.04/2011 tanggal 30 Maret 2011 tentang Penyelesaian Terhadap Barang yang Dinyatakan Tidak Dikuasai, Barang yang Dikuasai Negara dan Barang yang Menjadi Milik Negara, bawang-bawang tersebut dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan dengan cara penggilasan dengan menggunakan alat berat (stoom walls). Barang sisa hasil penggilasan selanjutnya akan dibuang di tempat pembuangan sampah umum. (BC/fin)