Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

6 Menteri Resmikan Auto Gate System

Jakarta, 21/1/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa didampingi Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perhubungan EE Mangindaan dan Menteri Pertanian Suswono, meresmikan Auto Gate System JICT di Kantor Pelindo II pada Senin (21/1).

Auto gate system ini merupakan salah satu cara menurunkan dwelling time atau waktu pengeluaran dari Tempat Penimbunan Sementara (TPS) yang mengalami peningkatan. “Bagaimana Tanjung Priok bisa menjadi pelabuhan yang berstandar internasional, di mana dalamnya hanya ada customs, imigrasi dan karantina. Untuk itu kita berbenah. Mengintegrasi sistem antara customs, imigrasi dan karantina menjadi juga bagian yang penting,” papar Hatta.

Salah satu yang dapat dilakukan untuk mencapainya adalah dengan auto gate system dapat menurunkan dwelling time. “Kita butuh Bigwin, salah satunya menurunkan dwelling time kita, yang sekarang berkisar 6,7 hari, bergerak dari 4,7 hari sampai 6,7 hari. Ini target kita,” tambahnya. Dengan telah beroperasinya auto system gate tersebut, satu proses menjadi lebih cepat karena menggunakan sistem online dan dimonitor oleh control system.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Agung Kuswandono juga menyampaikan bahwa auto gate system ini diharapkan dapat berkontribusi pada pemasukan dan pengeluaran petikemas dengan lebih cepat, sehingga dwelling time menurun. Di lapangan, jumlah petugas dapat berkurang karena adanya efisiensi pelayanan namun, efektifitas pengawasan kepabeanan meningkat. (ikd)