Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

7.209 Peserta dan 25 Jenis Diklat, Target PPSDM di 2011


Jakarta, 14/12/2010 MoF (Fiscal) News - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pusdiklat PSDM) Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) melalui Kabid Renbang Subartini menjelaskan bahwa pada Tahun 2011 Pusdiklat PSDM akan menargetkan 7.209 peserta diklat dan 25 jenis diklat. Hal ini diungkapkan melalui surat elektronik, Senin (13/12).

 

Secara umum, diklat di PSDM menurut Subartini dibagi menjadi dua, yaitu Diklat Prajabatan dan Diklat dalam Jabatan. Diklat Prajabatan merupakan prasyarat bagi seorang CPNS untuk dapat diangkat menjadi PNS. Diklat yang kurikulumnya disusun oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) ini ditujukan untuk mencetak PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang dibutuhkan dalam Golongan II dan III. Sedangkan diklat dalam jabatan di Pusdiklat Pengembangan SDM terdiri dari Diklat Penjenjangan Jabatan, Diklat Penjenjangan Pangkat dan Diklat Pengembangan Kompetensi (Diklat Soft Competency).

 

 “Pusdiklat Pengembangan SDM juga akan menyelenggarakan Diklat Persiapan (Pre-departure Training) bagi pegawai yang telah lulus tes seleksi untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di luar negeri, adapun seleksi bagi calon penerima beasiswa tersebut telah dilakukan di tahun 2010,” ungkap Subartini.

 

Ia pun menambahkan, pada tahun 2010 masih terdapat hal-hal yang dikeluhkan peserta, terutama mengenai pelayanan yang diberikan penyelenggara, termasuk asrama dan fasilitas diklat. Berdasarkan hasil evaluasi, Pusdiklat PSDM telah menyusun langkah untuk bisa meminimalkan komplain dan keluhan dari peserta diklat, diantaranya adalah dengan membangun gedung dan fasilitas asrama Diklat Prajabatan di Jurangmangu Tangerang. “Pusdiklat PSDM  berharap agar peserta dapat tertarik untuk mengikuti diklat di BPPK karena kami yakin bahwa BPPK dapat memberikan yang terbaik untuk Anda (Pegawai Kemenkeu),” pungkasnya. (Adt)