Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

8 Proyek Mangkrak Mulai Jalan Lagi

Jakarta, 21/10/2015 Kemenkeu - Sejumlah proyek yang sebelumnya mangkrak berhasil selesai selama satu tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Delapan proyek tersebut ada di bawah wilayah kerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dari data yang dilansir melalui Bakohumas Kementerian Komunikasi dan Informatika, delapan proyek tersebut adalah Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat; Jembatan Dr.Ir. Soekarno, Sulawesi Utara; Jembatan Merah Putih, Maluku; Bendungan Jatigede, Jawa Barat; Bendungan Nipah, Jawa Timur; Bendungan Bajulmati, Jawa Timur; Penangan Lumpur Sidoarjo, Jawa Timur; serta Pembangunan Jembatan Tayan, Kalimantan Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan Instruksi Menteri nomor 3 tahun 2015, yang inti utamanya untuk menginstruksikan jajaran eselon dua dan tiga agar bekerja 24 jam sehari, dengan dibagi ke dalam dua shift jam kerja. Kerja keras ini membuahkan hasil ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dapat diresmikan Presiden pada 13 Juni 2015. Tol sepanjang 116,7 km ini menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia. Selain itu, proyek lain yang juga sukses dirampungkan adalah Jembatan Soekarno di Manado yang diresmikan pada 28 Mei 2015. Bendungan Jatigede yang dibangun sejak 50 tahun silam juga sukses digenangi per 31 Agustus 2015.

Sebagai informasi, pembangunan Tol Cipali telah melewati 6 era kepemimpinan Presiden di Indonesia. Ide pembanguannya sendiri sudah ada di sejak kepemimpinan Presiden Soeharto. Namun, proyek tersebut sempat mandek akibat krisis moneter pada 1998. Kemudian, proyek tersebut berlanjut dan mulai direalisasikan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Tol Cipali merupakan bagian dari proyek jalan tol Trans Jawa yang melewati 5 ‎kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan ‎Cirebon.‎ Tol ini memiliki 99 jembatan terhubung dengan Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Jalan Tol Palimanan – Kanci,” Jelas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, seperti dilansir pada Selasa (20/10). Beroperasinya Tol Cipali dapat mengurangi jarak tempuh jalur Pantura sepanjang 40 kilometer dan mengurangi waktu tempuh selama  1,5 jam. Lebih lanjut mengenai capaian #1TahunKabinetKerja dapat dilihat pada halaman berikut. (as)