Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

ADB Apresiasi Keberhasilan Pemerintah Kelola Ekonomi 2015

Jakarta, 17/02/2016 Kemenkeu - Presiden Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) Takehiko Nakao mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Indonesia dalam mengelola ekonomi tahun 2015. Dengan keberhasilan tersebut, ADB meyakini, ekonomi Indonesia akan tumbuh lebih tinggi pada tahun 2016 ini.

“Di tengah gejolak keuangan dunia dan merosotnya harga komoditas, reformasi ekonomi di berbagai bidang di Indonesia telah meningkatkan keyakinan pasar,” ujar Nakao sebagaimana dilansir laman resmi ADB pekan lalu.

Nakao pun memuji keberhasilan Pemerintah yang berhasil menjaga inflasi tetap rendah di level 4 persen pada Desember 2015 dan defisit fiskal yang bertahan di 2,7 persen dari produk domestik bruto (PDB). Selain itu, defisit transaksi berjalan juga menurun menjadi 2,5 persen dari PDB, dari sebelumnya sebesar 3 persen dari PDB pada tahun 2014.

Dengan capaian-capaian tersebut, ADB memperkirakan, ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,3 persen pada tahun 2016 ini, meningkat dari 4,8 persen pada tahun lalu. Ia menambahkan, Indonesia harus terus melanjutkan momentum reformasi yang memungkinkan seluruh penduduknya menikmati manfaat pertumbuhan ekonomi.

“Sangat penting bagi Indonesia untuk terus melanjutkan dan memperkuat momentum reformasi, yang akan membantu mendiversifikasi ekonomi dan memungkinkan seluruh penduduk Indonesia menikmati manfaat dari potensi pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.(nv)