Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

ADB Puji Tax Amnesty

Jakarta, 02/02/2017 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo pada Rabu (01/02), menerima kunjungan kehormatan Presiden Asian Development Bank (ADB) Takehiko Nakao di Istana Negara, Jakarta.

Dikutip dari informasi resmi Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, salah satu topik yang dibahas kebijakan adalah tax amnesty (pengampunan pajak) yang merupakan salah program yang paling sukses dibandingkan dengan pencapaian program serupa oleh negara-negara lain.

Nakao sendiri mengapresiasi pemerintah Indonesia atas kebijakan ekonomi yang telah diambil di tengah kondisi perekonomian global yang mengalami kelesuan.

"Saya sangat terkesan dengan komitmen kuat pemerintah terhadap reformasi kebijakan, yang membuat bertambahnya kepercayaan pasar dan lebih banyak rakyat Indonesia memperoleh manfaat dari peningkatan ekonomi," ujar Nakao.

Dalam pertemuan sebelumnya pada 12 Februari 2016 di tempat yang sama, Nakao menyampaikan komitmen mengenai peningkatan dukungan pembiayaan pembangunan untuk Indonesia menjadi 2 miliar dolar AS per tahun selama lima tahun ke depan, yaitu 2016-2020. Komitmen tersebut menjadikan pembiayaan yang dilakukan ADB ke Indonesia menjadi senilai 10 miliar dolar AS. Saat itu ADB juga menyatakan siap untuk membantu pemerintah Indonesia dalam membiayai proyek-proyek infrastruktur pemerintah. (nr/rsa)