Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Akan Ada Diskusi Procurement Workshop Lanjutan

 

 

Jakarta, 17/02/10 MoF (Fiscal) News - Seluruh rangkaian acara Procurement Workshop on World Bank Funded Project yang diadakan setengah hari ini selesai pukul tiga sore. Segala pembahasan menimbulkan berbagai pertanyaan baru. Namun demikian, Agus Supriyanto, Staf Ahli Kementerian Keuangan meyakinkan bahwa akan ada diskusi lebih lanjut. "Karena tidak mungkin diselesaikan dalam setengah hari ini," ujarnya pada Selasa, (17/02) di Jakarta. 
 
Adapun summary dari diskusi kali ini yaitu: 

  1. Perbedaan Ketentuan pengadaan barang jasa antara Keppres No.80 Tahun 2003 dengan Guidelines dari pihak pemberi pinjaman/hibah telah diberikan solusi;

  2. No Objection Letter (NOL);

  3. Perubahan dari single stage menjadi two stage untuk beberapa kasus;

  4. Dalam penyusunan owner estimate harus diperhatikan secara baik dan benar, mengenai dasar penyusunan dengan memperhatikan harga pasar dan standar biaya yang telah ditetapkan lembaga donor;

  5. Proyek-proyek yang didanai dari PHLN harus dimonitori dan dipantau ketat, antara lain melalui :

    1. Penguatan terhadap management proyek;

    2. Peningkatan kualitas perencanaan kegiatan proyek;

    3. Peningkatan pemantauan pelaksanaan untuk meningkatkan pendayagunaan pinjaman luar negeri untuk menunjang program pembangunan.

     

  6. Untuk proyek-proyek yang didanai dari World Bank, pelaksanaan audit BPKP didasarkan pada Billing Rate yang diterbitkan oleh World Bank dan ditertuang dalam Project Operation Manual yang telah di-approve oleh World Bank.