Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Akselerasi Pembangunan Infrastruktur, Pemerintah Suntik PT SMI Modal Rp2 Triliun

Jakarta, 09/01/2013 MoF (Fiscal) News - Guna mempercepat pembangunan infrsatruktur di tanah air, Pemerintah meningkatkan kapasitas usaha Perusahaan Perseroan (Persero) PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), perusahaan pembiayaan di bidang infrastruktur, dengan menyuntikkan modal tambahan sebesar Rp2 triliun.

"PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI Persero) telah memperoleh penambahan modal dari Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini melalui Kementerian Keuangan melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) pada APBN-P Tahun 2012 sebesar Rp2 Triliun. Dengan penambahan modal ini, maka total modal disetor PT SMI telah bertambah menjadi Rp4 Triliun pada akhir Desember 2012," kata Sekretaris perusahaan PT SMI Astried Swastika, Selasa (8/1).

Penambahan modal PT SMI yang dananya bersumber dari APBN 2012 ini, tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 104 Tahun 2012 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 Desember 2012.

Penambahan PMN ini telah memperoleh persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat dan selanjutnya Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2012 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia Ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Sarana Multi Infrastruktur.

Sebelumnya pada Desember 2008, Pemerintah menggunakan dana dari APBN 2008 untuk menyuntikkan dana Rp1 triliun sebagai penguatan modal PT SMI. Perusahaan yang didirikan dengan tujuan mendorong percepatan penyediaan pembiayaan infrastruktur melalui kemitraan dengan pihak swasta dan/atau lembaga keuangan multilateral itu, didirikan dengan PMN sebesar Rp1 triliun pada 2007.

Pihaknya memaparkan, di tahun 2012 PT SMI telah membukukan total komitmen sebesar Rp2,221 triliun untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur di berbagai sektor di lokasi yang tersebar di Indonesia senilai Rp16,060 triliun atau telah terjadi multiplier effect sebesar 7,8 kali. "Hal ini merupakan salah satu upaya PT SMI untuk melaksanakan peran sebagai katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui kerjasama dengan pihak ketiga dan dengan memberikan kontribusi yang seoptimal mungkin, untuk dapat mendorong berjalannya proyek-proyek infrastruktur berskala besar," tambahnya.

Ada pun proyek-proyek yang sedang dan akan ditangani oleh PT SMI di antaranya adalah pembangunan instalasi air bersih Umbulan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pembangunan ruas jalan tol Medan – Kuala Namu, dan rencana pembangunan jalur kereta api dari Manggarai ke Bandara Soekarno Hatta. (ak)