Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Akses Layanan Keuangan Perempuan Indonesia Perlu Diperbaiki Untuk Tingkatkan Perekonomian

Jakarta, 13/12/2019 Kemenkeu - Lebih dari separuh usaha kecil di Indonesia dimiliki oleh wanita. Namun, mereka masih harus berjuang untuk mendapatkan kredit guna membiayai ekspansi bisnis mereka. Hal tersebut berujung pada terkurasnya produktivitas ekonomi. 

Oleh karena itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kantor Wakil Presiden dan lembaga lainnya belajar dari Australia cara untuk menutup kesenjangan gender dalam akses ke rekening bank, pinjaman dan produk keuangan lainnya untuk meningkatkan akses layanan keuangan bagi perempuan guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Sebagai bagian dari skema Australia Awards jangka pendek yang difasilitasi oleh Monash Business School dan Australia-Indonesia Centre, perwakilan dari instansi-instansi di atas akan mengusulkan sejumlah rekomendasi kepada pihak terkait di institusi mereka masing-masing.

Pemaparan rekomendasi dari acara ini turut dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara di Double Tree by Hilton Hotel, Jakarta pada (12/12). (nr/ds)