Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

AKSI Pangan untuk Kedaulatan Pangan

Kab. Lima Puluh Kota, 27/03/2017 Kemenkeu - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Darmin Nasution, mewakili Presiden Joko Widodo, membuka dan meresmikan program “AKSI Pangan: Akselerasi Keuangan, Sinergi, Inklusi untuk mendukung Kedaulatan Pangan” di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat pada Jumat (24/03).

Dikutip dari situs Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), program AKSI Pangan diikuti oleh 23 pelaku industri keuangan baik bank maupun non-bank serta tiga perusahaan financial technology (fintech) atau e-commerce yang memiliki bisnis inti di sektor pertanian dan pangan.

Industri keuangan akan berkomitmen untuk meningkatkan akses keuangan dan pembinaan di sektor pertanian ini. Dalam 2017, komitmen 19 bank partner adalah peningkatan penyaluran kredit pada sektor tani, buruh dan hutan sebesar 14,12% menjadi Rp260 triliun.

Asuransi usaha tani, premi dan luas lahan terlindungi akan meningkat 64,88% menjadi Rp 180 miliar dan 1 juta hektar. Asuransi usaha ternak sapi, premi dan jumlah sapi terlindungi akan meningkat 238,42% menjadi Rp27 miliar dan 120 ribu ekor sapi. Penjaminan sektor pertanian meningkat 6,42% menjadi Rp8,8 triliun. Penjaminan KUR sektor pertanian meningkat 5,44% menjadi Rp9,9 triliun.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) Muliaman D Hadad menjelaskan AKSI Pangan ini merupakan upaya nyata OJK bersama Kementerian terkait serta pelaku industri jasa keuangan untuk mempercepat dan meningkatkan pembiayaan sektor pangan khususnya pada sebelas komoditi utama pangan.

“Diharapkan dengan AKSI ini dapat menjawab masalah terbatasnya akses pembiayaan khususnya di sektor ketahanan pangan yakni pertanian, kehutanan, perkebunan dan perikanan,” imbuhnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno, Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, serta pejabat kementerian/lembaga terkait. (nr/rsa)