Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Anggaran Kementerian Pertahanan 2019 Melanjutkan Prinsip 2018

Jakarta, 16/01/2019 Kemenkeu – Alokasi anggaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pada APBN tahun 2019 pada prinsipnya adalah melanjutkan anggaran tahun 2018 terutama untuk peningkatan kesejahteraan anggota TNI.
 
Hal itu disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo saat memberikan arahan pada Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2019 di Gedung A.H Nasution, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (16/01). 
 
Lebih lanjut, Wamenkeu juga menyampaikan dukungan anggaran untuk Kemenhan pada tahun 2018 antara lain, anggaran dukungan operasional Babinsa, dan kenaikan tunjangan kinerja pegawai di lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI.
 
Terkait pagu alokasi anggaran Kemenhan/TNI pada tahun 2019 mencapai Rp108.357,9 miliar. Pada kesempatan itu pula, Wamenkeu mengingatkan mengenai tantangan yang akan dihadapi dalam pengelolaan anggaran pada Kementerian Pertahanan/TNI. 
 
Perbaikan proses perencanaan dan penganggaran menjadi poin utama dalam menjawab tantangan itu. 
 
“Yang pertama adalah penetapan prioritas saya kira perlu diperketat, terutama pemenuhan dukungan operasional Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan). Seperti arahan Bapak Presiden bahwa pelaksanaan APBN harus mengikuti prinsip money follow program," terang Wamenkeu.
 
Wamenkeu juga mengharapkan penerapan PMK Nomor 143 Tahun 2018 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Belanja Negara di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia, dapat berjalan dengan baik dan konsisten. (nug/ind/nr)