Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Anggaran Perjalanan Dinas 2014 Tidak Alami Kenaikan


Jakarta, 22/10/2013 MoF (Fiscal) News – Anggaran perjalan dinas kementerian/lembaga tahun 2014 dipastikan pada dasarnya tidak mengalami  kenaikan atau sama dengan tahun 2013.  “Angka perjalanan dinas tidak naik, tapi tetap Rp24 triliun,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Anggaran Askolani di Jakarta, Senin (21/10).  


Namun demikian, untuk tahun 2014, anggaran perjalanan dinas akan digabung dengan biaya konsinyering (pertemuan) dan rapat sejalan dengan kegiatan perjalanan dinas. Akibatnya, anggaran perjalanan dinas tahun 2014 seakan mengalami kenaikan Rp8 triliun atau 33 persen, menjadi Rp32 triliun. “Angka Rp32 triliun tersebut bila biaya perjalanan dinas digabung dengan biaya konsinyering (pertemuan) dan rapat sejalan dengan kegiatan perjalanan dinas,” ungkap Plt. Dirjen Anggaran.


Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menegaskan, anggaran perjalanan dinas untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2014 masih belum diputuskan. Menkeu bahkan mengatakan bahwa anggaran tersebut akan dipotong. “Mau dipotong nanti angkanya, dari Rp32 (triliun) itu dipotong,” ujar Menkeu di Jakarta, Senin (21/10).  


Menkeu mengatakan, pembahasan anggaran perjalanan dinas akan dibahas dengan kementerian/lembaga lain yang terkait, karena hal ini menyangkut kebutuhan anggaran kementerian/lembaga tersebut. “Angka jadinya berapa saya belum tahu. Kalau sudah beres nanti kita ngomong dulu ke kementerian dan lembaga yang lain,” terang Menkeu.


Alasan pemotongan anggaran tersebut, menurut Menkeu, bertujuan untuk mengefisienkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Kalau bisa diefisiensikan kenapa dibiarin,” pungkas Menkeu.(nic)