Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Anggaran Transfer Daerah Naik Rp14,6 Triliundari Rencana Awal

Menkeu Hadiri Paripurna RUU APBN

 

Anggaran Transfer Daerah Naik Rp14,6 Triliun
dari Rencana Awal
 

 

 

Jakarta, 27/10/2010 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjelaskan bahwa anggaran transfer ke daerah naik sebesar Rp14,6 triliun, dari rencana awal sebesar Rp378,4 triliun menjadi Rp393,0 triliun (5,6% dari Produk Domestik Bruto/PDB). Hal ini disampaikan Menkeu saat Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Senayan, Jakarta pada Selasa (26/10).

 

“Peningkatan ini berkaitan terutama berkaitan dengan kenaikan dana bagi hasil Rp1,6 triliun, Dana Alokasi Umum (DAU) Rp3,7 triliun, Dana Otonomi Khusus Rp0,1 triliun, serta Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID) sebesar Rp7,7 triliun,” jelasnya. Peningkatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah dan mengurangi kesenjangan fiskal antardaerah, serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah dan mengurangi kesenjangan pelayanan publik antardaerah. “Alokasi DPIP tidak diarahkan untuk daerah-daerah dengan kemampuan keuangan daerah tinggi, kecuali untuk daerah tertinggal,” papar Menkeu.

 

Terkait peningkatan alokasi anggaran transfer ke daerah yang sangat signifikan tersebut, pemerintah berpendapat bahwa perlu dilakukan langkah-langkah peningkatan kualitas belanja daerah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), berkaitan dengan penggunaan anggaran transfer ke daerah, yang dari tahun ke tahun semakin besar jumlahnya. “Sejalan dengan itu, pemerintah juga memandang pentingnya dilakukan peningkatan disiplin dan pengawasan anggaran, agar pelaksanaan anggaran di daerah dimaksud benar-benar dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan standar pelayanan minimum, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas, dengan tetap menjaga governance,” harap Menkeu.(sel)