Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Angka Pelaksanaan UNBK di 2016 Meningkat

Jakarta, 04/04/2016 Kemenkeu - Tahun ini, Ujian Nasional akan berlangsung pada 4 April untuk Siswa SMA dan sederajat, serta tanggal 9 Mei untuk siswa SMP dan sederajat. Dari data, terjadi peningkatan sebesar 900 persen terhadap sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Angka ini naik dari 500 sekolah di tahun lalu, menjadi 4.400 sekolah di 2016.


Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, ini menjadi hal yang menarik dalam pelaksanaan UN 2016. “Tahun lalu 500 sekolah, tahun ini 4.400 sekolah melaksanakan UNBK. Dari data Indeks Integritas UN tahun lalu, sekolah yang melaksanakan UNBK, tingkat kecurangan nol, atau indeks integritas UN-nya 100%,” katanya.





UN dilaksanakan untuk mengukur kompetensi siswa dan menjadi salah satu dasar untuk seleksi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain, pemerintah terus berusaha untuk melakukan pemetaan capaian pendidikan secara nasional.

 


Sebagai informasi, dalam Anggaran Pendidikan dan Belanja Negara Tahun 2016 (APBN 2016), anggaran pendidikan telah ditetapkan sebesar 20% dari APBN untuk peningkatan akses dan kualitas pendidikan, antara lain melalui Wajib belajar 12 tahun melalui Program Indonesia Pintar dengan pemberian  Kartu Indonesia Pintar (KIP). Selain itu, anggaran juga disasar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan pengelolaan dan penempatan guru, serta meningkatkan pemerataan akses dan kualitas serta relevansi dan daya saing pendidikan tinggi. (as)