Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Antisipasi Tantangan Global, BI dan OJK Perkuat Kerja Sama


Jakarta, 18/10/2013 MoF (Fiscal) News - Untuk mengantisipasi tantangan akibat ketidakpastian perekonomian global, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad menandatangani Naskah Keputusan Bersama tentang Kerja Sama dan Koordinasi Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan pada Jumat (18/10).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Difi A. Johansyah mengatakan, keputusan bersama tersebut merupakan landasan untuk lebih memperlancar dan mengoptimalkan koordinasi pelaksanaan fungsi, tugas, dan wewenang kedua lembaga sehubungan dengan akan beralihnya fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan dan pengawasan di bidang perbankan dari BI ke OJK mulai 31 Desember 2013.

"Keputusan bersama ini menjadi sangat relevan terutama saat perekonomian Indonesia sedang menghadapi berbagai tantangan sebagai akibat dari ketidakpastian perekonomian global seperti saat ini," jelas Difi dalam keterangan resminya pada Jumat (18/10). Melalui kerja sama yang baik dan koordinasi yang optimal antara BI dan OJK, berbagai langkah baik yang bersifat antisipatif maupun korektif dapat dilakukan secara sistematis dan terkoordinir. Hal ini penting dalam menjaga ketahanan dan kestabilan sistem keuangan di Indonesia.(ak)