Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Apindo Tak Jamin 2014 Bebas PHK



Jakarta, 20/12/2013 MoF (Fiscal) News - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengapresiasi berbagai langkah dan paket kebijakan yang telah diluncurkan pemerintah dalam rangka memperkuat stabilitas perekonomian nasional.

Menurut Sofjan, paket kebijakan seperti kenaikan Pajak Penghasilan (PPh) impor serta pengurangan pajak pada perusahaan padat karya telah membantu dunia usaha dalam bertahan di tengah gejolak global. Namun demikian, pada tahun 2014 mendatang pihaknya masih belum dapat menjamin tidak akan terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Menurutnya, kalangan pengusaha masih mengkhawatirkan terjadinya kenaikan upah buruh dan tarif dasar listrik (TDL) tahun depan. "Itu akan menjadikan biaya produksi semakin membengkak," jelasnya pada Kamis (19/12).

Selain itu, potensi Bank Indonesia untuk kembali menaikkan suku bunga acuannya (BI rate) yang saat ini sebesar 7,5 persen juga menjadi perhatian para pengusaha. "Pengusaha juga resah bila kenaikan suku bunga akan terjadi dalam waktu dekat," ungkapnya. Menurut Sofjan, suku bunga kredit yang berlaku saat ini dirasa sudah cukup tinggi bagi dunia usaha. “Kalau naik lagi itu susah kita. Karena cost untuk bunga itu sangat tinggi sekali,” ujarnya.(ak)