Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

APIP Juga Berkontribusi dalam Peningkatan Opini LKKL

Jakarta, 12/06/2014 MoF (Fiscal) News – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah memberikan opini untuk Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) tahun 2013 kepada 86 entitas yang telah selesai diperiksa. Dari 86 entitas tersebut, sebanyak 65 entitas atau 75,58 persen mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).


Menurut Menteri Keuangan M. Chatib Basri, terkait dengan acara konferensi Auditor Intern Pemerintah, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) juga telah memberikan kontribusi dengan cara melakukan asistensi dan reviu dalam penyusunan laporan keuangan, serta memberikan saran untuk perbaikan pengelolaan keuangan negara.


“Peningkatan kualitas pelaporan keuangan ini merepresentasikan telah adanya komitmen dan upaya yang besar dari seluruh kementerian atau lembaga atau pemerintah daerah untuk meningkatkan akuntabilitas atas pengelolaan keuangan negara,” jelasnya.


Ia juga menyebutkan bahwa dengan semakin besarnya angka dalam APBN berarti ke depan APIP harus dapat merespon dengan cepat akan perubahan-perubahan yang mungkin terjadi. Ini harus dilakukan agar tujuan organisasi tetap dapat tercapai. “Pencapaian tujuan organisasi di tengah arus perubahan yang semakin cepat menuntut APIP untuk berperan serta secara aktif dan intensif, sesuai dengan bidang tugas kementerian atau lembaga atau pemerintah daerah tempatnya bernaung,” pungkas Menkeu. (as)

 

Selengkapnya: Peran APIP Dalam Mengantisipasi Implikasi Hukum Atas Kebijakan Publik