Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Asumsi Makro 2014 Realistis

Jakarta, 02/09/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menilai asumsi makro 2014 yang telah disetujui DPR terhitung masih realistis. “Kalau menurut saya, iya (realistis). Hari ini (jumat) market-nya lumayan ya, dolar saja sudah bisa Rp10.950, IHSG naik kan. Itu artinya mengalami apresiasi, saya ikuti itu menit per menit,” kata Menkeu, di Jakarta, Jumat (30/8).

Menkeu mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan situasi ekonomi global saat ini, target pertumbuhan enam persen pada 2014 masih relatif tinggi. Terlebih mengingat pertumbuhan ekonomi Cina dan India juga mengalami perlambatan. Namun, dengan menjaga pertumbuhan di atas enam persen tersebut, maka defisit transaksi berjalan dapat dijaga pada level yang normal.

“Dengan pertumbuhan ekonominya enam persen, maka defisit current account bisa dijaga pada level yang normal karena 4,4 persen (saat ini) dianggap terlalu tinggi kan sama market. Sehingga kita harus slow down, jadi kalau mau defisitnya di tiga persen atau di bawahnya maka pertumbuhan ekonominya harus lebih bawah,” ungkap Menkeu. Dengan menjaga pertumbuhan ekonomi sedikit rendah, kata Menkeu, maka tekanan pada neraca transaksi berjalan bisa diatasi. (nic)