Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Atasi Tantangan Struktural, Laju Ekonomi RI Terus Meningkat

Jakarta, 03/04/2014 MoF (Fiscal) News - Perekonomian Indonesia diperkirakan dapat tumbuh lebih tinggi dengan laju inflasi yang lebih rendah dan postur transaksi berjalan yang lebih sehat. Hal tersebut disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo pada Rabu (2/4) di sela acara peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia 2013.

Gubernur BI mengingatkan, masih ada beberapa tantangan yang harus diatasi, antara lain terkait dengan struktur pembiayaan, struktur produksi domestik, termasuk ketahanan energi dan ketahanan pangan serta dampaknya terhadap pengelolaan subsidi di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan ketersediaan modal dasar pembangunan.

Meskipun demikian, pemerintah dan BI selama ini telah menempuh berbagai langkah reformasi struktural guna mengatasi tantangan struktural serta menjaga keseimbangan ekonomi nasional. Dengan meneruskan reformasi struktural, pihaknya optimistis, pertumbuhan ekonomi akan sesuai dengan proyeksi BI, yaitu pada kisaran 5,5 hingga 5,9 persen. "Dan inflasi sekitar 3,5 persen hingga 5,5 persen sepanjang tahun 2014, serta defisit transaksi berjalan bisa di bawah 3 persen terhadap PDB (Produk Domestik Bruto),” ungkapnya.(ak)