Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo memberikan keynotespeech dalam Seminar Nasional Internal Audit yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) dengan tema “The Auditor of The Future: Trusted and Influencing Advisor” di Hotel Tentrem, Yogyakarta pada Kamis, (19/04).

Auditor Internal Harus Bisa Mengadaptasi Program One Single Submission

Jogjakarta, 20/04/2018 Kemenkeu - Auditor internal mempunyai peran penting dalam mendukung salah satu program pemerintah untuk kemudahan berusaha yaitu One Single Submission (OSS). Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo dalam keynote speech-nya di acara Seminar Nasional Internal Audit, di Yogyakarta (19/04).

Wamenkeu menceritakan bahwa dalam beberapa kali rapat pembahasan pembentukan satuan tugas (satgas) terkait single submission sebagai tindak lanjut arahan Presiden Jokowi tersebut, salah satu peserta mengeluhkan pemotongan birokrasi yang berdampak pada pelanggaran aturan yang telah ada. 

“Di organisasi saya, kalau peraturannya diubah-ubah begitu, prosedur dipotong, syarat-syarat dihilangkan, nanti kita disemprit oleh auditor internal kita sendiri, kita dibilang tidak mematuhi SOP yang ada,” kata Wamenkeu menirukan keluhan tersebut.

Menurutnya, pola pikir ini yang harus diubah dengan sinergi antara auditor dan arah kebijakan organisasi. 

"Mindset inilah yang harus diubah. Ini kan auditor internal malah bukan menjadi support, harusnya ada sinergisitas. Untuk itu, auditor internal harus mengetahui ke mana arah tujuan organisasi,” kata Wamenkeu.

Oleh karenanya, menurut Wamenkeu, Inspektorat (Auditor Internal) harus mempunyai pemikiran secara national framework, serta pemikiran yang terbuka. 

Lebih lanjut Wamenkeu menyatakan akan diadakan pertemuan APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) se-Indonesia untuk menyampaikan permintaan Presiden tersebut. (fin/ind/nr)