Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Awali Agustus, KPPBC Pekanbaru Musnahkan MMEA dan Rokok Ilegal

Jakarta, 09/08/2016 Kemenkeu - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Riau dan Sumatera Barat menunjukkan keseriusannya dalam menindak pelanggaran bidang kepabeanan dan cukai. Pada awal pekan pertama Agustus lalu, Kanwil DJBC Pekanbaru memusnahkan Barang Milik Negara, berupa 1.020 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) berbagai merek, 258 karton dan 1.444 bungkus rokok berbagai merek. Kegiatan ini berlangsung di Markas Paskhas Angkatan Udara (AU) dan disaksikan langsung oleh Ketua Paskhas AU, Kepolisian Riau, Badan Narkotika Nasional, Karantina, serta TNI AU.


Menurut Kepala KPPBC TMP B Pekanbaru Isja Bewirman, pemusnahan ini dilakukan agar barang-barang illegal tersebut tidak beredar di masyarakat. “Kami harapkan seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Riau Sumbar dapat terlindungi dari pengaruh negatif yang dibawa dari barang-barang ini, mengingat sifatnya yang merusak,” katanya seperti dilansir melalui laman DJBC.


Modus pelanggaran di bidang cukai ini diantaranya ialah menggunakan pita cukai bekas dan/atau palsu, tanpa dilekati pita cukai atau dilekati pita cukai yang bukan peruntukannya, dan menggunakan pita cukai yang bukan haknya (personalisasi). Hal ini melanggar ketentuan UU nomor 11 Tahun 1995 yang telah diubah dengan UU nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai.


Saat acara, beberapa barang tegahan lainnya ikut dimusnahkan antara lain 756 buah handphone, 13 karung ballpress, 4 buah sextoys dan 184 keping CD yang merupakan tangkapan Bea Cukai Kantor Pos dan Bandara. Tindak lanjut atas penindakan-penindakan ini adalah dilaksanakan penyidikan di bidang cukai, pengenaan sanksi administrasi berupa denda, dan dinyatakan sebagai BMN apabila pelaku pelanggaran tidak dikenal/ tidak ditemukan, selanjutnya dimusnahkan setelah mendapat persetujuan/ izin dari instansi terkait. (as)