Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Banggar DPR Menerima Usulan Asumsi Makro RAPBN 2018

Jakarta, 11/07/2017 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Rapat Paripurna dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dengan agenda Laporan Badan Anggaran (Banggar) atas Hasil Pembahasan tentang Pembicaraan Pendahuluan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 serta Pandangan Fraksi atas Pertanggungjawaban APBN TA 2016 yang diajukan Pemerintah di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta pada Selasa (11/07).

 

Pada rapat tersebut, Ketua Banggar DPR RI Azis Syamsuddin menyampaikan pokok-pokok pembahasan Rencana Kerja Pemerintah tahun 2018  dan pembicaraan pendahuluan penyusunan RAPBN 2018 sekaligus menerima laporan asumsi makro dalam RAPBN 2018 yang diusulkan oleh pemerintah. Rancangan anggaran tersebut selanjutnya akan disampaikan pemerintah dalam Nota Keuangan pada bulan Agustus 2017. 

 

“Kami atas nama pimpinan dan seluruh anggota Badan Anggaran DPR RI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah beserta seluruh jajaran, Menteri PPN/Kepala Bappenas beserta seluruh jajaran dan Gubernur Bank Indonesia beserta jajaran, Pimpinan Dewan serta seluruh Pimpinan Komisi  I-XI  beserta seluruh jajaran anggota Komisi I-XI, serta kementerian dan lembaga atas kerjasama dalam kelancaran pembahasan,” jelas Ketua Banggar.

 

Sebagai informasi, sesuai dengan amanat Undang-Undang MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD), pemerintah telah menyampaikan kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal RAPBN 2018 kepada DPR RI pada rapat paripurna (19/05) lalu. Kemudian Banggar DPR RI melakukan pembahasan dengan Menkeu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Gubernur Bank Indonesia pada 6 Juni hingga 5 Juli 2017. (ip/hr)