Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia Apresiasi Kebijakan Ekonomi Indonesia

Jakarta, 04/10/2013 MoF (Fiscal) News – Bank Dunia menilai Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah yang tepat dalam merespons kondisi perekonomian yang terus berubah. Langkah yang diterapkan Indonesia tersebut diyakini akan berdampak pada terdorongnya pertumbuhan dan dapat melindungi Indonesia dari situasi eksternal yang membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia melemah.

“Pemerintah Indonesia telah mengambil sejumlah langkah yang tepat untuk menghadapi kondisi yang terus berubah diantaranya melepas nilai tukar dan menentukan suku bunga guna meringankan tekanan terhadap neraca transaksi berjalan,” sebut Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves dalam Peluncuran Laporan Triwulan Perekonomian Indonesia Edisi Oktober 2013 di Jakarta, Jumat (4/10).

Chaves menambahkan, pengurangan subsidi juga termasuk langkah penting yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia, dan dinilai dapat melindungi Indonesia dari risiko fiskal jangka pendek. “Tindak lanjut terhadap subsidi BBM (bahan bakar minyak) akan semakin melindungi Indonesia dari berbagai risiko fiskal jangka pendek sekaligus menyediakan dana untuk investasi jangka panjang di bidang infrastruktur dan program sosial,” katanya.

Pada Laporan Triwulan Perekonomian Indonesia Edisi Oktober 2013, Bank Dunia mengindikasikan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) 2013 sebesar 5,6 persen. Sementara itu, pasar modal internasional diperkirakan akan tetap bergejolak meskipun perekonomian negara-negara berpendapatan tinggi akan mulai pulih.(nic)